Breaking News

Sambut Idul Adha, PAC LDII Kel.Baru Potong Hewan Qurban



TPI Al Manshurin / Moong - Pimpinan Anak Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PAC LDII) Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo Kota Administratif Jakarta Timur melaksanakan pemotongan hewan Qurban sejumlah 3 ekor sapi di halaman Majelis Taklim Al Manshurin Jalan H. Moong No. 36A Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo Kota Administratif Jakarta Timur, Rabu 5 Agustus 2018.



Menurut Ketua Panitia Qurban, Karsimin, kegiatan ini melibatkan warga di lingkungan sekitar PAC LDII Kel. Baru Kec. Pasar Rebo, segenap para pengurus PAC LDII serta warga LDII.  "Alhamdulillah tahun ini jumlah Qurbannya selalu stabil sama dengan tahun tahun sebelumnya. Dan sebagai wujud keperdulian Majelis Taklim Al Manshurin kepada warga sekitar, sudah berturut turut selama 3 tahun ini, kita menshodaqohkan hewan Qurban 1 ekor sapi kepada warga RT 06 RW 02," pungkasnya.



Acara kurban dimulai dengan pengarahan pembagian tugas dan mekanisme pembagian daging Qurban. "Berdasarkan pengalaman kami dari tahun ke tahun, tahun ini kami menggunakan tukang jagal proffesional dari rumah potong Tapos untuk mempercepat proses perobohan hewan Qurban, pemotongan, pengelupasan kulit, hingga pembagian daging dan tulang," ujar Karsimin.



Para remaja remaji dan ibu ibu PAC LDII Kel. Baru Kec. Pasar Rebo ini pun tak kalah gesitnya dengan bapak bapak nya, segera mencuci jeroan sapi di sungai terdekat, memasak daging hingga menjadi rawon  dan menyiapkan segala kebutuhan guna makan siang bersama.

"Ini merupakan semacam pembelajaran bagi para generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan kegiatan seperti ini yang juga melibatkan masyarakat pada umumnya. Di sini mereka belajar bagaimana cara mengatur kegiatan dan mendistribusikan daging Qurban, memiliki pengalaman dan pengamalan kegiatan Qurban dari awal sampai akhir," ujar H. Soeripto, salah satu sesepuh Majelis Taklim Al Manshurin.



Selain kegiatan Qurban, secara rutin Majelis Taklim Al Manshurin juga menggelar pengajian rutin untuk umum, ada pula Taman Pendidikan Islam (TPI) Al Manshurin yang melaksankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi usia PAUD, TK dan SD setiap sore mulai Senin hingga Jumat.

"Betul, ada juga pengajian rutin untuk umum dan lanjut usia. Materinya mulai dari pengajian Al Quran secara bacaan, maknanya, keterangannya, hingga pengajian Al Hadist. Ada juga kegiatan ekstra lainnya seperti jalan jalan wisata, olahraga seperti tenis meja dan pendidikan anak usia dini seperti TPI Al Manshurin," ujar Fajar Nuzul Nurilahi, Ketua PAC LDII Kel. Baru Kec. Pasar Rebo.

Usai Qurban, para panitia dan warga sekitar menyempatkan untuk makan siang bersama. "Ini sudah berlangsung bertahun-tahun dan ini membuat kerukunan kekompakan dengan warga sekitar," pungkas Karsimin, Ketua Panitia Qurban.
 


 

No comments