Official Utube LDII

TOPIK UTAMA

Kunjungi DPP LDII, Siswa SMA Multazam Belajar Pengelolaan Kantor Berita dan Organisasi

 

Puluhan siswa SMA Multazam yang berada di bawah naungan DPD LDII Kota Bogor berkunjung ke kantor DPP LDII, pada Sabtu (4/5). Foto: LINES

TPI AL Manshurin - Jakarta (7/5). Puluhan siswa SMA Multazam yang berada di bawah naungan DPD LDII Kota Bogor berkunjung ke kantor DPP LDII, pada Sabtu (4/5). Kunjungan tersebut digelar untuk mempelajari manajemen kantor berita LDII News Network (LINES) dalam mempublikasikan Karya, Kontribusi dan Komunikasi (3K) LDII.

Sekretaris Umum DPP LDII, Dody Taufiq Wijaya menyebutkan LDII memiliki “8 bidang pengabdian kepada bangsa” sebagai program prioritas. Program tersebut meliputi kebangsaan, keagamaan, pendidikan umum, kesehatan, ketahanan pangan, pelestarian lingkungan, ekonomi syariah, teknologi digital, dan energi baru terbarukan.

“Fokusnya adalah pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM) yang profesional religius untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” ungkapnya.

Menurutnya program prioritas tersebut perlu dipublikasikan agar manfaatnya bisa lebih luas. Untuk itu, DPP LDII membentuk LDII News Network (LINES) sebagai media humas dan publikasi berbagai kegaitan LDII.

“Program-program tersebut diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder terkait, dan dipublikasikan oleh LINES,” ungkapnya.

Dody mendorong siswa-siswi SMA Multazam untuk mempelajari pengelolaan media sebagai humas dalam sebuah organisasi, “Nanti anak-anak di sini bisa mempelajari bagaimana pengelolaan kantor berita, mempelajari jutnalistik dari teman-teman kru LINES DPP,” lanjutnya.

Senada, Koordinator LINES Fachrizal Wicaksono mengungkapkan LINES merupakan kelompok kerja (Pokja) Departemen Komunukasi Informasi dan Media (KIM) DPP LDII. LINES dibangun sebagai humas dan media publikasi LDII.

“LINES atau LDII News network merupakan upaya DPP LDII untuk membangun citra dan hubungan baik antara organisasi LDII dengan pemeritah dan masyarakat,” ungkapnya.

Anggota KIM DPP LDII tersebut menekankan pentingnya membentuk media dalam perkembangan sebuah organisasi, “LDII memiliki berbagai kegatan positif, dan itu perlu dikomunikasikan kepada pemerintah dan masyarakat agar hasil dan kontribusinya lebih maksimal,” lanjutnya.

Menurutnya, LINES dibentuk sejak tahun 2013, dan didominasi oleh generasi muda yang memproduksi konten positif lewat berbagai kanal, “LINES itu mengelola website, media sosial, serta memproduksi konten-konten positif mengenai LDII yang dipublikasikan lewat berbagai kanal,” lanjutnya.

Untuk itu ia mengajak siswa Multazam untuk membentuk ektrakulikuler majalah dinding sebagai wahana bagi siswa memulai hobi jurnalistik. Di situ mereka dapat belajar menulis, fotografi dan sebagainya,

“Nanti di SMA bisa membentuk tim humas atau publikasi seperti LINES untuk membentuk hubungan baik dan citra baik SMA Multazam,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengelola Sekolah SMA Multazam Doni Antarikawan mengatakan kunjungan ke kantor DPP LDII tersebut digelar untuk memberikan pengalaman field trip bagi siswa untuk menunjang pengetahuan melalui pembelajaran di luar kelas.

“Ini merupakan pembelajaran di luar sekolah yang digelar oleh SMA Multazam. Kami sengaja ingin mengunjungi kantor pusat untuk mempelajari organisasi LDII, sehingga dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan peserta didik. Sekaligus berlajar jurnalistik bersama LINES,” tanggapnya.

Mereka juga mendapatkan materi mengenai bijak dan kretif dalam bermedia sosial untuk meningkatkan kompetensi literasi media siswa dalam menghadapi hoax, yang berseliweran di media sosial, serta dapat meramaikan media sosial dengan konten positif.

No comments