Breaking News

TAMAN PENDIDIKAN ISLAM AL MANSHURIN


TPI Al Manshurin - Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita didik dengan baik. Allah SWT telah menanamkan fitrah suci pada anak-anak, yang dengan fitrah tersebutlah ia akan menjadi permata yang sangat berharga dikemudian hari. Oleh karena Allah SWT telah membekali mereka dengan rasa, kepekaan, potensi diri serta panca indera, maka kitalah sebagai orangtua yang bertanggung jawab untuk mengembangkan segala rasa dan potensi diri yang dimiliki pada masing masing anak tersebut.

Sesungguhnya masa anak-anak merupakan fase yang paling subur, paling panjang dan paling dominan bagi seorang anak untuk bisa ditanamkan norma-norma yang baik dan positif berlandaskan Al Quran dan Al Hadits serta nasihat nasihat yang tertanam didalam jiwa sehingga kelak menjadi anak-anak yang berbudi pekerti yang luhur, baik, sabar, jujur, amanah, bisa percaya dan dipercaya, bisa bekerjasama yang baik, serta bertata krama.

Terlebih menghadapi kehidupan di era globalisasi saat ini dimana manusia dituntut untuk menjadi individu yang unggul yaitu selain meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), terpenting juga harus dibekali dengan ilmu agama, moral, iman dan taqwa (IMTAQ). Keduanya IPTEK dan IMTAQ harus berjalan selaras sehingga menghasilkan manusia yang alim, faqih, berakhlaqul karimah dan mandiri.

Untuk menjawab tantangan tersebut maka, anak sebagai Generasi Penerus harus dipersiapkan  sedini mungkin sesuai dengan harapan Al Quran dan Al Hadits. Untuk mencapai Generus yang berkualitas perlu dilakukan pembinaan pembinaan Generasi Penerus yang terprogram mulai dari tingkat cabe rawit, pra remaja dan remaja, termasuk peningkatan mutu Pendidik dan Pembina Generus. Untuk itulah Penggerak Pembina Generus (PPG) dibentuk.


Berbagai sistem pengajaran telah disusun oleh Penggerak Pembina Generus (PPG) guna mempermudah dan menjadi pedoman kurikulum bagi para mubaligh mubalighot dalam menerapkan metode pembelajaran dan pengajaran bagi generasi penerus terutama cabe rawit, pra remaja dan remaja di lingkungan Majelis Taklim Al Manshurin.

Berangkat dari realita ini dan guna merealisasikan terwujudnya sebuah lingkungan belajar mengajar yang komprehensif, maka diperlukan satu wadah yang dapat membina dan mendidik secara tepat untuk usia anak-anak, yaitu dengan mendirikan Taman Pendidikan Islam (TPI).

Dengan mengedepankan kerjasama dan saling mendukung memperkuat dari Lima Unsur Pembina Generus (LUPG) yakni Alim Ulama, Muballigh Muballighot, Para Pengurus, Pakar Pendidik dan Orangtua maka diharapkan semua program yang telah disusun oleh Penggerak Pembina Generus (PPG) lewat sebuah wadah Taman Pendidikan Islam (TPI) bisa berjalan seperti yang diharapkan, sehingga tujuan utama pembinaan generasi penerus bisa tercapai, yakni menjadi generasi yang Alim Faqih, Berakhlaqul Karimah dan Mandiri.

Maka dengan ini kami bersepakat untuk mendirikan sebuah Taman Pendidikan non formal bernama Taman Pendidikan Islam Al Manshurin (TPI Al Manshurin) sebagai perwujudan karya bakti kepada Agama, Bangsa dan Negara.

TPI Al Manshurin 
Alamat: Jl. Moong No. 36A Kel. Baru Kec. Pasar Rebo Jakarta Timur 13780.





VISI

Taman Pendidikan Al Manshurin mempunyai visi yang merupakan arah atau harapan ke depan, Visi TPI Al Manshurin adalah:

 “Menciptakan Generasi Penerus yang memiliki daya juang dan mengembangkan Al Quran dan Al Hadits”.

MISI

Taman Pendidikan Al Manshurin mempunyai misi yang merupakan tahapan pencapaian keberhasilan, Misi TPI Al Manshurin adalah:

“Melaksanakan pengajian rutin yang sistematis, terarah, dan professional religious pada tingkat generus.”


“Melakukan pengembangan diri bagi para generus agar dapat berkontribusi positif religi kepada masyarakat umumnya.”

“Mempraktikkan seluruh ilmu  yang dimiliki berdasarkan Al Quran dan 
Al Hadits dilingkungannya masing masing”.


TUJUAN

Taman Pendidikan Al Manshurin mempunyai tujuan sebagai dasar acuan untuk mencapai target, Tujuan TPI Al Manshurin adalah:


“ Menciptakan genersi penerus yang Alim Faqih, Berakhlaqul Karimah dan Mandiri.”

STRUKTUR TPI AL MANSHURIN

Taman Pendidikan Al Manshurin memiliki struktur kepengurusan harian sebagai berikut:

A. Penasihat TPI Al Manshurin: H. Sudaryanto dan Letkol (Purn) H. Sauri
B. Pembina TPI Al Manshurin : H. Soeripto dan Yusuf Hilman
C. Bendahara TPI Al Manshurin : Karsimin
D. Penanggung Jawab Umum TPI Al Manshurin : Ustad Nurdiansyah Subahri, SPdi
E. Wakil Penanggung Jawab Umum TPI Al Manshurin:  Fajar Nuzul Nurilahi, STP
F. Pimpinan Pelaksana TPI Al Manshurin: Ustadzah Hanum Zuriah
G. Sekretaris Pelaksana TPI Al Manshurin : Siti Maidah
H. Tenaga Pengajar TPI Al Manshurin: Ustadzah Hanum Zuriah, Ustadzah Siti Maidah, Ustad Khoiril Irsyad dan Ustadzah Putri.


(Doc. Team)

3 comments:

  1. Semoga Allah paring lancar sukses dan barokah...mendidik generasi penerus yang mandiri berakhlakul karimah dan faham qur'an hadits...aamiin

    ReplyDelete