Official Utube LDII

TOPIK UTAMA

LDII Berpartisipasi dalam Aksi Damai Bela Palestina di Tulungagung

 

Aksi damai bela Palestina yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tulungagung, Jawa Timur, memobilisasi ribuan massa. Acara berlangsung di alun-alun Tulungagung pada Minggu (26/11/2023). Foto: LINES

TPI Al Manshurin - Tulungagung (29/11). Aksi damai bela Palestina yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tulungagung, Jawa Timur, memobilisasi ribuan massa. Acara berlangsung di alun-alun Tulungagung pada Minggu (26/11/2023). Seluruh perwakilan organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Tulungagung baik NU, Muhammadiyah, dan LDII ikut andil dalam acara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) Muhammadiyah, Hanik Kharoroh menyuarakan semangat peserta aksi dengan yel-yel yang membangkitkan semangat.

Hanik menekankan bahwa kepedulian terhadap Palestina tidak harus diwujudkan dengan berperang di sana, tetapi sudah menjadi kewajiban manusia untuk peduli terhadap nasib sesama. Ia menyatakan, “Pembantaian umat manusia terjadi di Palestina, yang juga dihuni oleh umat agama lain. Mereka adalah saudara kita, dan Palestina harus merdeka,” katanya.

Hanik mengingatkan tentang utang budi Indonesia terhadap Palestina, sebagai negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Ia mengajak seluruh umat Islam untuk bersatu dalam menjaga kepedulian terhadap Palestina, menyatakan, “Al Muslimun akhul Muslim, maka derita mereka berarti derita kita juga,” tambahnya.

Ketua DPD LDII Tulungagung Sukanto pada kesempatan itu, mendukung solusi damai dan penghentian kekerasan terhadap rakyat Palestina, “Kami menyampaikan rasa empati terhadap penderitaan rakyat Palestina, mencatat bahwa sebagai bangsa yang pernah dijajah oleh negara lain, mereka juga ikut merasakan sakitnya,” lanjutnya.

Sukanto menegaskan bahwa dukungan umat Islam di seluruh Indonesia untuk kemerdekaan Palestina tidak pernah padam. Ia menyampaikan doa agar Allah memberikan pertolongan kepada bangsa Palestina dalam perjuangannya memperoleh kemerdekaan.

LDII juga menyoroti dukungan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo di Rakernas LDII 2023 dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB, menyatakan, ini bukan urusan agama, tapi kemanusiaan yang ditindas, “Kami melihat tekad Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina tetap konsisten, dari era Bung Karno hingga Presiden Jokowi,” ujarnya.

No comments