Official Utube LDII

TOPIK UTAMA

Waka Kwarda DKI Hadiri Temu Penegak-Pendega Sako SPN

DPW LDII DKI Jakarta berkolaborasi dengan Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menggelar "Temu Penegak Pandega Daerah DKI Jakarta" (TPPD). Acara tersebut dihelat di lingkungan Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Jumat sampai Minggu (22-24/9). Foto: LINES

TPI Al Manshruin / Jakarta (27/9). DPW LDII DKI Jakarta berkolaborasi dengan Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara (Sako SPN) menggelar “Temu Penegak Pandega Daerah DKI Jakarta” (TPPD). Acara tersebut dihelat di lingkungan Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Jumat sampai Minggu (22-24/9).

Acara tersebut dibuka oleh Waka Kwarda DKI Jakarta Bidang Hubungan Antar Lembaga Isnawa Adji. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa TPPD DKI Jakarta digelar sebagai ajang kompetisi positif anggota pramuka dengan menilai keterampilan atau hal lainnya.

“Dengan kegiatan ini, Sakoda DKI Jakarta dapat menunjukkan kemampuan masing-masing penegak maupun pandega yang selama ini telah dilatih oleh pembina di wilayahnya masing-masing,” ucap Isnawa.

Ia menambahkan, acara TPPD juga menjadi pembuktian bahwa pembinaan Oramuka dapat memberikan dampak positif pada generasi muda. “Peserta tentunya akan lebih memiliki kompetensi, baik yang berhubungan dengan intelektual. Kompetisi yang nantinya mereka akan butuhkan saat bersosialisasi dengan masyarakat,” ujar Isnawa.

Lebih lanjut, ia menekankan agar Sakoda DKI Jakarta bisa menjadi learning center bagi generasi muda untuk mengembangkan keterampilan. “Mereka nantinya akan belajar, menimba ilmu, sharing pengalaman pengelolaan organisasi dan lain-lain,” tuturnya.

Harapannya kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi kepramukaan. Namun juga dapat membentuk generasi muda yang berkualitas, amanah, cinta tanah air, bangsa, agama, dan negara, “Nanti akan memunculkan pemimpin-pemimpin masa depan yang bisa memajukan bangsa Indonesia secara umum,” pungkasnya.

Senada dengan Isnawa, Ketua Sakoda DKI Jakarta Isnan Lasti Mulyo, menjelaskan kegiatan TPPD ini bertujuan sebagai ajang silaturahim sekaligus evaluasi pembinaan antar penegak pandega Sako SPN DKI Jakarta.

“Ketika ada Festival Akbar Generus, yang di dalamnya ada kegiatan perkemahan, ini menjadi salah satu ajang evaluasi bagaimana selama pembinaan gugus depan yang menjadikan generus yang barokah,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sako SPN DKI Jakarta juga mengadakan kegiatan workshop kepramukaan yang mengundang narasumber dari Waka Kwarda DKI Jakarta Bidang Bina Muda Nurdin dan Ketua Pinsakonas Herlan Maulana. Menurut Isnan, hal ini merupakan salah satu wujud dukungan pembinaan generasi muda oleh Sako SPN Nasional dan Kwartir Daerah.

Acara TPPD 2023 diakhiri dengan upacara penutupan dan pembagian piala kepada para peserta terbaik dalam berbagai perlombaan seperti lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB), teknologi tepat guna, pionering, atletik, dan lain sebagainya. (Aryani/Lines)

No comments